Cara Mengganti Closet Jongkok

10 Cara Mengganti Closet Jongkok, Yang Baik

Cara Mengganti Closet Jongkok – Proses ganti kloset dari jongkok ke duduk cukup menantang, apalagi bagi Anda pemula. Kesalahan pasang bisa memicu risiko rembes, bocor, dan rusak ketika toilet digunakan.

Oleh karena itu, pemula wajib meningkatkan ketelitian saat proses pasang agar closet berfungsi dengan baik dan mencegah kerusakan dini. Simak tahapannya di bawah. 

Langkah pertama mengganti kloset adalah melepas pemasangan kloset lama. Anda mungkin perlu membobok keramik di sekitar wc jongkok untuk memudahkan pengerjaan. 

10 Cara Mengganti Closet Jongkok, Yang Baik

Namun, jika rumah masih tahap pembangunan, buatlah septic tank dulu untuk menampung kotoran. Simak tahapannya di bawah. 

1. Membangun tangki pembuangan kotoran

Septic tank berguna untuk menampung dan mengelola kotoran. Oleh karena itu, sebelum menempatkan kloset Anda harus membangun dulu tangki pembuangan. Selanjutnya, baru menghubungkan kloset dan septic tank menggunakan pipa-pipa.

Pembuatan septic tank dilakukan selama 7 hari mulai dari proses penggalian, pemasangan sekat dan dinding serta pemasangan pipa sambungan sesuai kemiringan tertentu. 

Tipe tangki pembuangan disesuaikan dengan kebutuhan misalnya dua ruang atau tiga ruang. Apabila septic tank sudah jadi, mari beralih ke cara selanjutnya

2. Memasang pipa ke saluran pembuangan

Pemasangan pipa bertujuan agar kotoran dari kloset bisa masuk ke tangki pembuangan. Demi memudahkan proses maka dipasangkan beberapa pipa penghubung dengan ukuran tertentu. 

Saluran pipa yang digunakan adalah PVC dengan ukuran 4 inci. Sementara, pipa untuk menyalurkan air biasanya membutuhkan ukuran setengah inci.  Anda wajib memerhatikan jarak lubang dengan dinding saat memasang.

3. Pasang keramik untuk menempatkan kloset

Cara mengganti kloset duduk berikutnya membuat lubang untuk saluran pipa dan memasang keramik di sekitar lubang. Jika Anda ingin meninggikan posisi kloset bisa menambahkan bata yang di plaster semen. 

4. Persiapkan peralatan

Peralatan untuk memasang kloset yang perlu di siapkan adalah obeng plus dan minus, tang, bor listrik, gergaji, meteran untuk mengukur, dynabolt, kunci 10 dan 12, lem silikon, dan kunci pipa.

5. Buka kardus closet dan pahami isi buku panduan

Tahap berikutnya adalah pemasangan kloset. Setelah membuka kardus perhatikan apakah ada buku panduan yang tersedia. Kemudian, baca saksama dan pahami agar memudahkan proses pasang. Di dalamnya, terdapat pula hal yang di larang saat pemasangan. 

6. Mulailah mengukur dan memasang baut

Gunakan meteran untuk mengukur jarak kloset dengan lubang kunci lalu bor titik tersebut. Selanjutnya pasangkan baut di kedua titik. Anda bisa mengencangkan menggunakan kunci 12 kemudian lepaskan mur. 

7. Pasangkan peralatan penunjang closet duduk

Perbedaan cara ganti kloset jongkok ke duduk ada pada komponen penunjang. WC duduk memiliki shower jet, push botton, stop kran, flexible hose yang harus di pasang di bagian belakang atau atas. Anda harus menggunakan kunci inggris untuk mengencangkan baut. 

Langkah berikutnya memasang wax ring. Fungsi komponen ini untuk mencegah bau muncul dan cipratan air dari lubang kloset. Pemasangannya di tempatkan di bagian bawah. 

Anda harus membalik posisi kloset untuk memasang wax ring, pastikan komponen ini sudah menempel dengan benar.

8. Tempatkan closet di lubang 

Pasangkan kloset di lubang pipa yang sudah dibuat awal. Pastikan agar posisinya presisi agar kotoran tidak merembes ke lantai. Pasangkan baut dan mur dan kencangkan dengan kunci pipa. 

9. Sambungkan flexible hose

Jika sudah terpasang sempurna, kini saatnya memasang komponen pelengkap. Termasuk rubber tank dan flexible hose. 

Fungsi rubber tank pada kloset duduk yaitu mengganjal beban tank trim sehingga meminimalisir kebocoran. Bentuknya bulat seperti cincin. 

Sementara fungsi flexible hose yaitu sebagai saluran pengalir air ke tangki kloset. Lapisan luarnya di lapisi alumunium. Nantinya selang akan di sambungkan ke stop valve. 

10. Tambahkan penutup kloset

Tahap terakhir menambahkan penutup kloset dan cek kembali komponen yang sudah terpasang. Periksa apakah ada bagian yang kurang kencang atau belum sempurna demi meminimalkan masalah ketika sudah di pakai. 

Demikian Artikel singkat dari kami cara mengganti closet jongkok semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.