Membuat Septick tank

3 Cara Membuat Septick tank dan Tips Merawatnya

Cara Membuat Septick tank dan Tips Merawatnya – Tidak banyak orang yang memperhatikan bahwa terhadap dasarnya menjalankan penyedotan WC bisa membawa dampak lingkungan rumah menjadi jauh lebih nyaman. Tersebut ruangan berikut terbilang terlalu kotor sehingga amat penting untuk menyedotnya.

Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menciptakan keadaan atau kesan ruangan yang lebih nyaman dari sebelumnya.

Saya Akan membagikan artikel Singkat 3 cara membuat septick tank dan Tips Merawatnya agar tidak cepat penuh

Sudut Pipa dan Posisi Lereng

Dengan perbedaan tersebut, septic tank akan mampu menampung kotoran dan air dengan baik. Bahkan bisa melancarkan aliran air dan kotoran mulai dari lubang pembuangan wc hingga septic tank. Dan ini juga penting untuk mencegah bau wc karena kotoran berhenti di tengah pipa. Jika sudah melakukan langkah ini maka tidak perlu lagi melakukan cara mengatasi septic tank.

Perhatikan Jenis Dan Ukuran Pipa

Ukuran pipa yang paling sesuai adalah jenis pipa 4 inch. Jika rumah Anda besar dan memiliki beberapa jamban maka jenis ukuran pipa yang digunakan adalah mu yang digunakan maka kotoran akan lancar dan kemungkinan tidak akan tersumbat sehingga septic tank tidak cepat penuh. Posisi pipa ke arah septic tank seharusnya juga harus lurus dan tidak berbelok. Langkah ini juga mencegah agar septic tank tidak penuh dengan udara sementara kotoran menyumbat pipa.

Bahan Septic Tank

Salah satu Kriteria rumah sehat adalah dengan fasilitas kebersihan yang baik seperti harus ada fasilitas MCK. Karena itu septic tank WC dibuat dengan bahan berkualitas dan bahan yang tahan lama tidak mudah korosi karena terkena kotoran dan udara terus menerus. Bahkan bak septic tank juga harus tahan terhadap tekanan udara. Kotoran dan bakteri bisa menyebar ke tanah sehingga bisa mencemari udara di sekitarnya. Jadi pilih bahan yang benar-benar sesuai dengan jenis septic tank Anda.

Septic Tank Penampung dan Penyerap

Dengan membuat dua saluran pembuangan yang berbeda merupakan salah satu langkah agar septic tank tidak mudah penuh. Dijamin dengan rancangan septic tank ini akan bertahan lebih lama dan tidak perlu WC lagi. Jadi satu lubang dibuat untuk menampung kotoran dan udara, sementara lubang yang digunakan untuk penyerapan. Jadi, penyerapan yang bekerja untuk membuang aliran sampah tanpa lingkungan. Sisa pembuangan biasanya akan keluar dalam bentuk gas sehingga sangat aman untuk lingkungan rumah dan udara tanah.

Tips Merawat Septic Tank Agar Tidak Mudah Penuh

Cara pertama yang sangat mudah yaitu dengan tidak memasukkan benda asing ke dalam WC. Jangan terbiasa membuang sampah seperti bekas pembalut, kain, plastik, kertas dan bahan lain yang tidak mudah larut. Selain membuat septic tank cepat penuh maka semua benda-benda justru akan menyumbat saluran sehingga WC mampet dan akan memanggil jasa sedot WC.

Jika Anda sedang menghindari berbagai jenis cairan pembersih WC yang mengandung banyak bahan kimia. Gunakan saja bahan bakteri alami yang bisa menguraikan kotoran dan menjaga kebersihan saluran pipa ke septic tank. Bahan kimia yang masuk ke dalam WC bisa mematikan bakteri baik sehingga kotoran tidak terurai dan cepat penuh.

Gunakan udara secukupnya: Misalnya masukkan banyak air ke dalam WC juga sangat tidak disarankan. Anda menggunakan secukupnya sampai kotoran tidak terlihat dan WC bersih. Udara yang masuk terlalu banyak dapat menyebabkan septic tank berisi udara sehingga akan naik ke atas melewati pipa ke arah WC. Dan 

Terima Kasih Atas Kepada anda telah membaca tips – tips singkat artikel kami dalam cara membuat septick tank dan tips merawatnya yang benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.