Merawat Dapur

Tips Merawat Dapur Dan Kitchen Sink Supaya Tetap Bersih, Wajib Tau

Tips Merawat Dapur Dan Kitchen Sink Supaya Tetap Bersih- Apa tempat paling kotor di rumah Anda? Banyak orang mengira WC adalah tempat paling kotor di rumah. Apakah itu benar? Tidak, ternyata opini publik itu salah. Ternyata tempat paling kotor di rumah adalah Kitchen sink, nah disini kami akan bahas tips merawat dapur dan Kitchen Sink Supaya Tetap Bersih.

Di dalam Kitchen sink terdapat berbagai macam bakteri dan sumber penyakit yang berbahaya bagi kesehatan keluarga Anda.Pikirkan tentang hal ini, sepanjang hari apa yang Anda taruh di Kitchen sink dapur? Setiap hari Anda mencuci piring kotor.

Tapi itu tidak semua. Saat memasak Anda juga harus mencuci buah dan sayuran yang banyak mengandung kotoran dan kuman selama di pasar. Belum lagi kotoran dari ikan dan daging sebelum Anda mengolahnya.

Sebuah penelitian dilakukan di University of Arizona. Dalam penelitian ini, Dr. Chuck Gerba telah membuktikan bahwa di dalam kitchen sink terdapat bakteri sebanyak 100.000 per sentimeter persegi.  Ini termasuk bakteri berbahaya yang sering merugikan kesehatan manusia, seperti salmonella dan E. Coli.

Cukup mengejutkan ketika ditemukan juga bahwa bakteri di WC hanya 50 per inci persegi. Masih jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan Kitchen sink dapur. Fakta ini perlu mendapat perhatian serius karena Kitchen sink merupakan bagian penting di rumah kita. Cobalah untuk mengawasi anak-anak Anda di rumah. Jika mereka sering sakit-sakitan dalam hal pencernaan, kemungkinan besar masalah kebersihan Kitchen sink di dapur anda yang menjadi penyebabnya.

Oleh karena itu kita harus berusaha meminimalkan bakteri yang ada di tempat tersebut. Dengan demikian keluarga kita bisa selamat dari bahaya kesehatan yang mengancam. Bagaimana Anda menjaga Kitchen sink tetap bersih? Berikut tips merawat dapur dan kitchen sink supaya tetap bersih.

Jaga Agar Kitchen Sink Tetap Bersih Setiap Hari

Setelah Anda selesai mencuci piring atau menggunakan Kitchen sink, bersihkan Kitchen sink menggunakan cairan pencuci piring. Setelah itu siram dengan air hangat. Bersihkan permukaan Kitchen sink dengan campuran air hangat dan cairan pencuci piring.

Gunakan kain, sikat gosok, atau serbet untuk menggosok permukaan Kitchen sink. Kemudian bilas dengan air mengalir dari kran. Jangan lupa untuk mencuci kain atau gosok Kitchen sink tadi hingga bersih kembali.

Keringkan Kitchen Sink Dengan Serbet

Setelah dibersihkan, keringkan permukaan Kitchen sink dengan serbet. Usahakan agar area Kitchen sink tetap bersih dan kering setelah digunakan. Hal ini untuk menghambat pertumbuhan kuman dan bakteri karena lebih mudah tumbuh di tempat yang basah.

Selalu Jaga Keran Tetap Bersih

Tidak hanya Kitchen sink, kran juga perlu dibersihkan loh. Kita pasti sering menyentuh keran saat mencuci piring. Mungkin bakteri juga akan sangat mudah tumbuh di permukaan kran anda itu. Jika anda sudah melihat kran cucian anda sudah terlihat kotor dan berlumut, segera langsung bersihkan.

Nah, agar kran anda selalu bersih, gunakan air hangat untuk mencuci kran. Bersihkan juga dengan cairan pencuci piring seperti yang Anda lakukan di Kitchen sink tadi. Disini kami juga akan bahas tips menghilangkan bau tidak sedap di dapur dan tempat kitchen sink yang kita gunakan:

Tips Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Selain menjaga kebersihan kitchen sink, kebersihan dapur juga kunci kesehatan anggota keluarga anda. Dapur yang bau tidak hanya berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya penyakit, tetapi juga mengganggu kenyamanan memasak.

Namun karena penggunaannya yang intens – hampir setiap kali di gunakan untuk memasak, kondisi dapur yang kotor dan bau pun tak terhindarkan. Menghilangkan bau tak sedap di dapur bukanlah perkara mudah, apalagi yang berasal dari sisa makanan.

Tempat pembuangan sisa makanan, seperti bak cuci piring dan tempat sampah, merupakan dua sumber utama bau tak sedap di dapur. Jika tidak segera di obati, aromanya bisa menyebar ke ruangan lain di rumah. Di butuhkan trik untuk membersihkan kedua tempat ini secara maksimal. Bagaimana caranya? Ikuti cara ampuh dari Kami berikut ini.

Tiriskan Desinfektan

Selain menyebabkan kemacetan, makanan yang tersangkut di pipa air juga bisa mengeluarkan bau tak sedap. Bersihkan lubang atau ujung pipa pembuangan setidaknya seminggu sekali.

Untuk menghancurkan gumpalan kotoran, gunakan campuran desinfektan dengan soda kue. Jangan gunakan cairan penghancur gemuk karena dapat merusak pipa air. Agar tetap mengkilap dan higienis, Anda harus menjaga area Kitchen sink tetap kering. Setelah dicuci, taburkan tepung pada permukaannya, lalu bilas dengan sabun dan keringkan dengan handuk hangat.

Gunakan Baking Soda, Minyak Esensi, dan Air Panas

Jika bau tidak sedap tak kunjung hilang meski saluran air dan Kitchen sink sudah di bersihkan, Anda bisa menggunakan minyak esensial. Aroma segar minyak esensial dapat langsung mengusir bau yang kuat. Tambahkan juga minyak esensial dengan sesendok baking soda, diamkan selama satu jam di Kitchen sink, lalu bilas dengan dua cangkir air panas. Jenis minyak esensial yang bisa Anda gunakan antara lain kayu putih, pohon teh, dan mint.

Gunakan Arang

Selain Kitchen sink, beberapa bau tak sedap di dapur juga berasal dari tempat sampah. Anda bisa mengatasinya dengan membuang sampah secara rutin dan menempatkan potongan arang di tempat sampah.

Saat di tempatkan dalam wadah tertutup, arang berfungsi untuk menetralisir bau di sekitar wadah. Lima hingga tujuh potong arang yang di buang ke tempat sampah efektif menyerap bau amis yang di keluarkan oleh sisa makanan organik.

Sterilisasi Dengan Cuka Panas

Tempat sampah juga harus rutin di bersihkan menggunakan disinfektan. Namun, larutan pembersih kimia saja tidak cukup. Untuk memastikan tempat sampah bebas dari kuman atau bakteri berbahaya, tuangkan juga larutan cuka yang di campur dengan air panas ke dalamnya.

Solusi ini berfungsi untuk membasmi mikroorganisme berbahaya. Larutan cuka panas juga dapat di gunakan untuk mensterilkan peralatan elektronik dan wadah minuman, seperti ketel listrik, pembuat kopi, dan termos.

Taburkan Baking Soda Secara Teratur

Untuk memastikan bau tidak sedap benar-benar hilang, tidak ada salahnya anda juga menaburkan baking soda di atas sumber bau secara berkala. Seminggu sekali sudah cukup untuk menjaga dapur tetap segar. Tidak hanya mengusir bau tak sedap, bau asap yang berasal dari proses memasak makanan, atau bau apek peralatan dapur yang di simpan di lemari juga bisa di netralisir dengan baking soda.

Setelah mengikuti beberapa cara berikut yang kami berikan itu, di jamin dapur dan kitchen sink yang anda gunakan akan lebih bersih, segar, dan harum sehingga nyaman di gunakan kembali untuk memasak. Selain itu, kelima trik ini juga aman untuk diikuti karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya yang dapat merusak bahan dapur.

Demikian penjelasan dari saya jasa sedot wc madiun tentang tips merawat dapur dan Kitchen Sink Supaya Tetap Bersih semoga bermanfaat, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.